Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Jumat, 25 November 2016

SMPIT Harapan Mulia Palembang Memperingati Hari Guru Nasional.


Jumat, 25 November 2016

SELAMAT HARI GURU NASIONAL 2016
Tetaplah menjadi pelita anak bangsa dan kami ucapkan terima kasih untukmu Pahlawan Pembangun Insan Cendekia.

Guru adalah sosok yang sangat mulia sekaligus orang tua dalam dunia insan pendidikan. Berkat jasa-jasanya kita dapat membaca dan mengenal segala sesuatu dengan baik, yang dari awalnya tidak tahu hingga mengetahui hal tersebut. Begitu mulia profesinya, hingga membuat sosok guru mempunyai sebutan sebagai pahlawan pembangun insan cendekia. 

Sebagai bentuk penghargaan untuk guru, Pemerintah Indonesia menetapkan keputusan Presiden, yaitu Kepres No. 78 Tahun 1994 dan juga ditulis di UU No14 tahun 2005 tentang guru dan dosen maka ditetapkanlah tanggal 25 November tiap tahunnya sebagai Hari Guru Nasional yang dibarengi dengan peringatan Hari Lagi Tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Makna Hari guru sendiri merupakan bentuk apresiasi kepada guru  atas jasa-jasa yang telah dilakukannya selama ia mengajar. Semua jasa-jasa yang telah diberikan guru yang tidak ternilai dan tidak pula bisa menandingi untuk membalasnya.

Pagi ini (25/11/2016), SMPIT Harapan Mulia Palembang turut merayakan Hari Guru Nasional dengan melaksanakan upacara dan memberikan apresiasi terhadap guru. Diantaranya adalah pemberian piagam perhargaan bagi guru-guru yang berprestasi dengan kategori favorit, inovasi, inspirasi, dan disiplin. Pemberian penghargaan kepada guru didasarkan dari penilaian siswa dan semua warga SMPIT Harapan Mulia. Dalam hal ini, pemilihan bertujuan untuk memotivasi guru-guru dalam mengajar dan mendidik siswa-siswa.



Pada upacara kali ini, amanat Pembina Upacara disampaikan Kepala Sekolah SMPIT Harapan Mulia, Ibu Eni Ambarwati, S.Psi. Beliau menyampaikan pesan kepada guru dan siswa. Ada 5 pesan yang disampaikan oleh beliau untuk guru adalah sebagai berikut: 

Pertama, guru mempunyai tanggung jawab mendidik siswa bukan karena suatu beban melainkan suatu kehormatan. Karena seorang guru sangat mulia terlihat dari tugasnya dalam mencerdaskan anak-anak bangsa dan suatu amanat proklamasi kemerdekaan RI. Guru juga merupakan garda terdepan dalam pendidikan. Setiap tutur kata, langkah dan karya guru adalah ikhtiar dalam mencerdaskan siswa.
Kedua, sekolah harus menjadi taman belajar siswa. Artinya, suasana sekolah harus mampu mendukung pembelajaran siswa menjadi menyenangkan. Untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran menyenangkan, tentunya didukung oleh guru yang kreatif serta inovatif, menerapkan berbagai pendekatan, strategi dan teknik yang disesuaikan dengan karakter materi dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang menyenangkan.
Ketiga, diharapkan kepada guru dapat terus berkarya, karena guru yang mulia karena karya dan guru yang dikenang juga karena karya. Maksud karya tersebut adalah karya tulis ilmiah, penelitian ataupun inovasi pembelajaran dari seorang guru. Karena karya tersebut dapat mempu melahirkan generasi yang memiliki pengetahuan yang luas, cerdas, berpikir kritis dan tentunya memiliki budi pekerti yang luhur.
Keempat, tugas guru ialah mengajar dan mendidik. Mengajar adalah mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, sedangkan mendidik adalah mentransformasikan nilai atau karakter baik kepada siswa. Oleh karena itu, dalam mengemban semua tugas diharuskan berjalan secara berimbang dan beriringan.
Kelima, guru adalah sosok pendidik sekaligus pembelajar. Guru harus menjadi pembelajar sepanjang hayat. Karena guru adalah makhluk yang tidak pernah berhenti belajar. Guru jangan sampai kalah cepat dari siswanya. Karena guru harus selangkah lebih maju dari siswa-siswanya.

Dan yang terakhir untuk siswa tercinta, beliau berpesan agar menjadi siswa yang menghargai jasa setiap guru, memuliakan guru, mendengar setiap nasihat. Karena guru adalah orang tua kedua selain di rumah.
Dalam sambutaannya, Ibu Eni menekankan dalam pengembangan profesi harus menjadi kebutuhan utama dalam memberikan layanan pendidikan yang semakin baik untuk siswanya. Momentum peringatan HGN tahun 2016 semoga dapat menjadi jalan untuk mewujudkan guru-guru SMPIT Harapan Mulia Palembang semakin bertanggung jawab dalam mendidik dan selalu menciptakan karya-karya terutama dalam metode belajar.


Penampilan anak-anak akustik yang turut memeriahkan acara Hari Guru yang diselenggarakan SMPIT Harapan Mulia Palembang.



Dari serangkaian acara yang telah terlaksana, maka ditutup pula dengan kegiatan halal bihalal (maaf-memaafkan) antara para siswa dan guru. Diharapkan dengan memperingati Hari Guru ini hubungan antara siswa dan guru menjadi lebih erat dan harmonis lagi.

Terimakasih para pahlawan tanpa jasa
without you, we would have been lost. Thank you teacher for guiding us. Inspiring us and making us what we are today.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar