Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Rabu, 02 November 2016

Pembinaan Anak Berbakat SMPIT Harapan Mulia Palembang






Pembinaan anak berbakat sangat dibutuhkan untuk dapat membantu, mengarahkan dan mengembangkan potensi kecerdasan dan tujuan bakat yang dimiliki anak secara optimal.

tentunya kita sama-sama mengetahui bahwa dalam mengarahkan bakat anak haruslah diusahakan sedini mungkin. hal ini sangat membutuhkan peranan dan dukungan dari pihak keluarga, sekolah maupun lingkungannya.

peranan keluarga sangat berpengaruh paling utama dikarnakan pada saat ini masih banyak ditemukan kasus-kasus orang tua yang masih menggunakan prinsip "Otoriter" terhadap anak-anak nya. dimana biasanya pada kasus seperti ini para orang tua masih terlalu membatasi keinginan sang anak dan lebih mengutamakan sang anak untuk mengikuti keinginan mereka. hal seperti ini harusnya jangan lagi kita temui karena pada pondasi awal saja jika tidak didukung dengan baik maka akan berdampak kurang baik pula pada perkembangan sang anak.

ada baiknya setiap keluarga maupun orang tua selalu memfasilitasi dalam perkembangan sang anak. dalam hal ini memfasilitasi yang dimaksud adalah orang tua selalu memberikan perhatian kepada sang anak agar dapat mengetahui arah dan tujuan bakat yang dimiliki anak serta selalu mensuport bakat yang dimiliki sang anak.

yang kedua pihak sekolah, kini semakin banyak sekolah yang mulai menyadari akan pentingnya pembinaan bakat terhadap anak. pembinaan potensi yang dimiliki anak serta membantu membentuk dan mengasah kemampuan serta potensi yang dimiliki anak-anak. SMPIT Harapan Mulia Palembang pun turut andil besar dalam memberikan binaan anak berbakat kepada anak didik kita. kita sebagai pihak sekolah menyadari betul banyak potensi dasar yang di miliki oleh anak-anak kita dan segera mengambil tindakan bagaimana potensi yang dimiliki anak-anak kita dapat kembangkan dan menjadikan mereka anak yang berprestasi tentunya baik berprestasi di bidang akademik maupun non akademik

SMPIT Harapan mulia juga selalu mengutamakan kebutuhan untuk menunjang prestasi siswa yaitu selain kegiatan belajar mengajar di kelas anak-anak kita diberikan pembinaan dan diarahkan untuk membentuk tumbuhnya bakat sang anak baik dari bidang akademik maupun bidan lainnya seperti bidang keagamaan, bidang seni, olahraga, sains dan teknologi serta bidang tata boga.
yang dimana seluruh aspek bidang tersebut sangat berpengaruh dan berkaitan antar satu sama lain.

untuk yang pertama dari segi akademik, kita sangat mengutamakan kualitas akademik anak-anak kita. kita juga tak luput andil dalam mengasah kemampuan bakat dan potensi mereka. baik dari pengatahuan umum dan sastra. anak-anak kita beri sarana agar mereka dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dan agar anak-anak kita berprestasi tentunya. selain membina dan mengasah kemampuannya kita juga memberikan jalan untuk mengikut sertakan mereka pada beberapa olimpiade maupun kompetisi yang sering diadakan. hasilnya puji syukur anak-anak kita mampu membanggakan SMPIT Harapan Mulia setiap kompetisi yang diikuti baik dari kompetisi kecil maupun besar anak-anak selalu mempersembahkan piala maupun penghargaan juara yang mereka raih. seperti olimpiade IPS, mengarang puisi, membaca puisi, spelling bee, completer english dan masih banyak lainnya.


untuk bidang keagamaan merupakan aspek penting dan utama yang harus kita kembangkan kepada anak-anak didik kita. dengan cara selain kita menekankan pengetahuan yang luang di bidang agama, kita juga menumbuhkan bakat-bakat anak kita di bidang agama ini. seperti bakat menghafal al-quran (Tahfidz dan tahsin) dan bakat Kaligrafi. untuk mengembangkan potensi dan bakat anak kita membina mereka pada kegiatan belajar mengajar dikelas tentunya dan kegiatan Ekstrakulikuler. dimana tujuan kita agar anak kita dapat berprestasi yang paling utama dan untuk bekal manfaat untuk diri mereka sendiri tentunya.


gambar di samping merupakan persembahan dari Tahfidz dan tahsin anak didik kita. alhamdulillah anak-anak kita semakin giat dalam mengafal al-quran dan sudah percaya diri dalam mengembangkan potensi nya. kita sebagai pihak sekolah turut bangga akan prestasi mereka dalam menghafal al-quran.

gambar disamping merupakan hasil dari karya yang di kerjakan anak didik kita dalam mengukir ayat quran (kaligrafi) sebuah karya nan indah yang diciptakan anak-anak kita.





selain dari kelas tahfidz- tahsin dan kaligrafi, anak-anak kita kian menorehkan prestasi yang sangat membanggakan anak-anak kita sering kita ikut sertakan dalam kompetisi keagamaan. seperti kompetisi cepat tepat kompetisi dai dai'ah, tilawah, ceramah, adzan  yang berhasil membawa pulang penghargaan juara, dan masih banyak lagi kemampuan serta potensi yang dikembangkan anak-anak kita.

bidang selanjutnya yaitu bidang kesenian. bidang kesenian ini juga merupakan paling banyak di gemari anak dan paling banyak anak yang menorehkan prestasi di bidang ini. kita sebagai pihak pendukung untuk mengembangkan bakat anak kita, kita hanya memberikan sarana maupun jalan agar mereka dapat mematangkan kemampuan bakat yang mereka miliki.
dari bidang seni ini banyak anak yang sudah berbakat sejak awal maupun anak yang berkemauan untuk dapat mengembangkan hobi mereka. melalui Paduan suara atau vokal group, melalui seni tari, teater maupun alat musik akustik. 
anak-anak kita mulai mengasah kemampuannya dengan suka hati ditunjukkan pada prestasi-prestasi yang sudah berhasil mereka dapatkan.tentu menjadi kepuasan terhadap mereka dan menjadi kebanggaan sekolah tentunya.

selanjutnya kategori olahraga, untuk menumbuhkan bakat anak dalam bidang olahraga juga sangat berguna dan bermanfaat bagi sang anak. olahraga sangat berpengaruh dalam kehidupan kita olahraga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kita. yang kini semakin besar pula peluang untuk menorehkan prestasi di bidang olahraga. sebagai pihak sekolah pun menyidiakan fasilitas agar anak-anak kita berlomba-lomba untuk sama sama meningkatkan potensi yang dimiliki mereka. kita memberikan wadah dan arahan kepada mereka dalam mengekpresikan diri mereka untuk tumbuh dan bersinergi. bakat-bakat dari kategori olahraga juga menjadi salah satu kebanggaan indonesia. indonesia sering melebarkan sayapnya di ajang kompetisi tingkat dunia, antar negara maupun dalam negri sendiri.
guna kita untuk mengembangkan bakat anak-anak kita dalam bidang olahraga selain berguna dan menjadi bekel untuk mereka, siapa tau atlit perwakilan yang akan membanggakan indonesia adalah anak-anak kita sendiri. subhanallah bukannn? 


setelah sekolah berperan dengan cukup andil dan telah maksimal dalam memberikan pembinaan dan mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki sangat anak. fator yang selanjutnya adalah faktor lingkungan.

faktor lingkungan menjadi sangat penting dalam membentuk bakat anak ialah Suatu lingkungan yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Di lingkungan ini anak akan mengaktualisasikan minat dan bakatnya kepada masyarakat. apakah anak akan konsisten dengan pengembangan bakatnya yang sehungan dengan lingkungan yang dimilikinya. apakah anak akan memanfaatkan potensi yang mereka miliki kepada lingkungan nya, ataukah mereka akan terlena dan terpengaruh dengan pengaruh lain yang ditimbulkan dari lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan bermainnya.

jika ketiga faktor tersebut telah mendukung dan siap untuk meng backup anak dalam mengembangkan potensinya maka inshyallah anak akan tumbuh produktif bersamaan prestasi-prestasi yang akan mereka raih dan akan bermanfaat besar untuk sang anak baik untuk jangka waktu sekarang maupun yang akan datang......

(SSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar