Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Jumat, 18 November 2016

Character Building siswa SMPIT Harapan Mulia palembang.




Character Buiding atau membangun karakter terdiri dari 2 suku kata yaitu membangun (to build) dan karakter (character) artinya membangun yang mempunyai sifat memperbaiki, membina, mendirikan. Sedangkan karakter adalah tabiat, watak, aklak atau budi pekerti yang membedakan seserang dari yang lain.

Dalam konteks pendidikan (Modul Diklat LAN RI) pengertian Membangun Karekter (character building) adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan atau membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti), insan manusia (masyarakat) sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai pancasila.

Pada Jumat, 18 November 2016 kemarin para guru berserta siswa melakukan kegiatan pengembangan karakter atau Character Building disekolah.

Character Building kali ini merupakan Layanan Bimbingan Konseling bidang pribadi dan sosial.
Sesi ini guru mengajak siswa untuk lebih memahami bagaimana perkembangan dan permasalahan yang seringkali dihadapi remaja, dengan memanfaatkan akses internet.

Setelah mendapatkan informasi melalui internet, siswa mendiskusikan dalam kelompok. Hasil diskusi dituangkan dalam bentuk PowerPoint. Kemudian secara bergiliran siswa mempresentasikan di depan kelompok lain. Siswa dikondisikan untuk saling bertanya dan memberikan masukan antar kelompok.

(Proses diskusi anak-anak kelas IX antar kelompok masing-masing)



Dalam proses diskusi ini para siswa dituntut bekerja sama untuk membahas dan berdiskusi tentang memahami bagaimana perkembangan dan permasalahan yang seringkali dihadapi remaja. Untuk mencari bahan diskusi yang akan dibahas para siswa memanfaatkan akses internet yang ada. Melalui akses internet tersebut mereka dapat mengutarakan pendapat dengan menganalisa setiap peristiwa maupun kejadian yang sering dialami para remaja sekarang ini.
Diskusi ini tentunya bertujuan untuk membentuk serta mengembangkan karakter siswa. Dengan hasil diskusi mereka dapat  mengembangkan potensi dasar agar berbaik hati, berpikiran baik, dan berperilaku baik; memperbaiki perilaku yang kurang baik dan menguatkan perilaku yang sudah baik.


(Proses pembuatan bahan persentasi melalui media Power Point)




(Sesi persentasi para siswa)



Sesi persentasi kali ini siswa menyampaikan hasil diskusi kelompok mereka kepada kelompok lainnya. Dari setiap topik yang di persentasikan para kelompok persentasi dituntut pula untuk saling bertanya, guna agar para siswa dapat mengutarakan pendapat masing-masing dalam memacahkan suatu masalah maupun kasus yang sedang dibahas. Dan dapat memberikan manfaat bagi para siswa agar dapat membentengi diri dari kasus-kasus yang telah di bahas jika suatu saat mereka mengalami kasus yang sama.

Jadi dengan adanya kegiatan Character Building ini diharapkan dapat benar-benar membantu para siswa dalam membentuk karekter mereka masing-masing. Dan mampu mengatasi masalah yang mungkin akan terjadi dikemudian hari. Terutama bagi anak kelas IX yang merupakan tahap akhir di jenjang SMP ini, sangat diharapkan mampu membentu karakter baik yang akan berguna dalam melanjutkan dunia pendidikan maupun dalam berkarir kelak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar