Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Jumat, 11 November 2016

SMPIT Harapan Mulia Palembang memperingati Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan

Kamis, 10 November 2016

Bertepatan pada hari ini SMP IT Harapan Mulia Palembang turut merayakan dan memperingati Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan.
Dimana hari pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November dan Bulan Bahasa yang bertepatan pada Bulan Oktober yaitu bersamaan dengan hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober.

SMPIT Harapan Mulia palembang beserta dengan anak OSIS Smpit Harapan mulia Palembang melaksanakan kompetisi  untuk memeriahkan Bulan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda ini. Dengan mengadakan rangkaian lomba yaitu Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Puisi, Story Telling dan Lomba Mading yang diikuti oleh seluruh siswa SMPIT Harapan Mulia Palembang.

Semua siswa sangat antusias dalam mengikuti perlombaan kali ini, karena siswa mulai menyadari potensi-potesi yang mereka miliki dan siswa juga di support penuh dari pihak sekolah untuk semangat dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Sebelum kita bercerita tentang semaraknya acara yang telah di laksanakan, kita akan mengulas terlebih dahulu sejarah dari bulan bahasa dan hari pahlawan. Khusus untuk bulan bahasa seperti yang kita ketahui bahwa bulan bahasa sendiri di peringati pada bulan Oktober. Bertepatan pada hari sumpah pemuda dimana isi dari Sumpah Pemuda sendiri yakni salah satunya membahas tentang "Bahasa Indonesia".
Yang salah satu bait dari teks Sumpah Pemuda berisikan
" Kami putra putri Indonesia yang berbahasa satu bahasa indonesia".

Dengan itu telah di tunjukkan bahwa pentingnya bahasa Indonesia sendiri merupakan sebagai bahasa pemersatu diantara ratusan ragam bahasa yang dimiliki indonesia.

Sungguh keistimewaan tersebut tidak dapat kita lewatkan begitu saja. Sebagai penerus bangsa kita wajib menjaga dan melestarikan bahasa indonesia dengan cara mencari bibit-bibit baru yang berbakat di bidang bahasa ini. Sedangkan Hari Pahlawan sendiri merupakan hari yang  memperingati pertempuran surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari revolusi nasional.
Dengan itu untuk mengistimewakan 2 hari besar tersebut, SMPIT Harapan Mulia mengambil tindakan untuk mengadakan perlombaan dalam rangka memperingatinya.

1. Lomba Baca Puisi
Lomba baca puisi ini di peruntukkan seluruh siswa SMPIT Harapan Mulia Palembang. Lomba ini menjadi salah satu wahana anak untuk lebih mencintai bahasa indonesia melalui puisi. Anak bisa mengekspresikan diri melalui kata-kata yang disampaikan lewat puisi, serta lewat puisi juga kita dapat menumbuhkan kreatifitasan.


( Penampilan Gelegar Bryan Harits  kelas IX. Abu bakar, sang Juara Lomba Baca Puisi FLS2N tingkat Kota Palembang dan Juara Lomba Baca Puisi tingkat Regional Sumatera )

Egar, sapaan kepada siswa kita yang satu ini. Egar memberikan penampilan khususnya sebelum peserta memulai lomba baca puisi, egar memberikan kiat-kiat dan trik khusus kepada peserta-peserta yang mengikuti lomba agar para peserta dapat memberikan penampilan yang luar biasa saat di atas panggung.
















(Penampilan dari beberapa siswa dan siswi yang turut menjadi peserta baca puisi)


Pada Lomba Baca Puisi ini, peserta membawakan puisi berjudul "Gugur" karya WS. Rendra.
Dimana puisi tersebut juga berkonsepkan tentang pahlawan. Dari puisi tersebut anak-anak bisa mengenang dan menghargai para jasa pahlawan yang turut memerdekakan indonesia. Yang dimana konsep puisi "Gugur" ini juga sengaja kita pilih karena sesuai dengan konsep Hari Pahlawan.


2. Story Telling Competition

Storytelling Competition merupakan lomba favorit siswa SMPIT Harapan Mulia Palembang. Kita tidak hanya memberikan wahana siswa dalam mengembangkan bakat di bidang Bahasa Indonesia, tetapi kita juga memberi kesempatan siswa dalam mengembangkan potensi mereka di bidang Bahasa Inggris. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kompetisi kali ini, mulai dari mempersiapkan perlengkapan serta kostum yang mereka kenakan.

 


 

(Penampilan beberapa peserta yang mengikuti Storytelling Compitition)

Pada kompetisi storytelling ini siswa dituntut untuk membawakan materi tentang "Cerita legenda daerah Sumatera Selatan". Tujuan pemberian materi pada kompetisi ini sendiri ialah, agar para siswa dapat lebih mengenal sejarah-sejarah daerah Sematera Selatan melalui cerita legenda yang mereka sampaikan. Dalam hal ini tentu kita menunjukkan bahwa konsep dari kompetisi ini tetap konsisten terhadap konsep Hari Pahlawan.


3. Lomba Membuat Mading
Untuk lomba yang satu ini kita peruntukkan antar tiap-tiap kelas di SMP kita. Tiap kelas mengirimkan 3 group sebagai perwakilan kelasnya. Para siswa sangat diberikan kebebasan dalam menyalurkan kreatifitasan yang mereka miliki. Para siswa tetap di berikan arahan dalam mengkreasikan hasil karya mading mereka dengan tetap mengikuti konsep Hari Pahlawan dan tetap mengikuti aturan umum dalam pembuatan mading.




             (proses para siswa saat pembuatan Mading)

4. Lomba Cipta Puisi

Untuk lomba cipta puisi ini, anak-anak di berikan kebebesan mereka dalam menumpahkan isi hati mereka melalui ide kreatif yang disampaikan lewat puisi yang mereka ciptakan. Tetapi tetap konsisten pada tema Indonesia dan Pahlawan. Dalam lomba cipta puisi ini kita dapat melihat betul karakter dari para siswa-siswi kita. Dalam gaya bahasa dan pemikiran mereka dalam menyelesaikan puisi yang mereka buat.


Dengan adanya acara ini kita mengharapkan para siswa kita nantinya akan memberikan sumbangsih lebih dengan melalui prestasi yang mereka raih di bidang bahasa sendiri tetunya. Dan para siswa juga kita harapkan agar mereka bisa lebih mengerti makna dari Hari Pahlawan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar