Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Senin, 14 November 2016

Field Trip SMPIT Harapan Mulia Palembang.


 

FIELD TRIP

SMPIT HARAPAN MULIA PALEMBANG 


Kini dalam mematangkan kualitas potensi pendidikan anak, SMPIT Harapan Mulia menggunakan salah satu trik yaitu (fieldtrip) merupakan jurus yang ampuh dan bekerja baik.

Fieldtrip sendiri merupakan suatu istilah yang memiliki arti studi lapangan yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar dan melakukan trip menuju luar lapangan sekolah. Roesiyah (2001: 85) menjelaskan bahwa metode field trip sebagai metode mengajar yang dilakukan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel, toko serba ada, dan sebagainya. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Sagala (2006: 214), bahwa metode field trip adalah metode belajar mengajar anak didik dibawah bimbingan guru mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan maksud untuk belajar.

SMPIT Harapan Mulia Palembang, sendiri sudah sejak awal menerapkan metode fieldtrip dalam mengembangkan pengetahuan dan potensi anak didik. Sudah banyak kegiatan kunjungan yang di lakukan anak didik SMPIT Harapan Mulia palembang, baik kunjungan dalam bidang olahraga, sains, sejarah, education dan lain-lain.

SMPIT Harapan Mulia Palembang mengetahui betul akan manfaat luar biasa yang didapatkan dengan menggunakan metode fieldtrip ini. Maka dari itu sekolah merutinkan kunjungan-kunjungan anak-anak kita dalam memberikan mereka kesempatan untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki mereka. Seperti kita ketahui bahwa metode belajar fliedtrip ini sangat berbeda dengan proses belajar mengajar di kelas. 

Dalam metode fleldtrip ini para siswa dapat secara langsung mengamati dan menyerap ilmu yang di dapatkan. Karna dalam metode ini akan membuat anak didik lebih memahami secara langsung proses maupun cara kerja dari kunjungan-kunjungan yang di tujukan melainkan bukan hanya belajar melalui metode teori saja.


Berikut ini kegiatan-kegiatan kunjungan (fieldtrip) anak-anak SMPIT Harapan Mulia Palembang,

1. Kunjungan ke Makam Pahlawan Sumsel
Pada kunjungan anak-anak ke Makam Pahlawan Sumsel, anak-anak di undang langsung dari Kementerian Sosial bagian Sumsel. Dengan kunjungan kali ini anak-anak banyak mendapatkan pengetahuan dan lebih mengenal tentang sejarah-sejarah para pahlawan bumi sriwijaya.


( kunjungan anak-anak ke makam pahlawan, Polda Sumsel)




Suasana para siswa saat menunggu dalam kunjungan ke Makam Pahlawan.









(anak-anak dapat secara langsung melihat makam para pahlawan dan berziarah
serta meningkatkan wawasan sejaran anak-anak kita)































(kunjungan SMPIT Harapan Mulia Palembang ke "Makam Pahlawan" dalam rangka Hari Pahlawan dan meningkatkan wawasan sejarah dan menumbuhkan rasa patriotisme anak-anak didik kita)






2. Kunjungan ke "JETSET" Palembang.
( kunjungan anak-anak didik SMPIT Harapan Mulia Palembang ke "JETSET" )


( kegiatan olahraga/ gym yang dilakukan anak-anak SMPIT Harapan Mulia Palembang yang di pandu sang instruktur gym )


( latihan Fitnes dasar anak-anak SMPIT Harapan Mulia saat berkunjung di "JETSET" gym palembang )


(Foto anak-anak SMPIT Harapan Mulia bersama instruktur "JETSET" saat kunjungan fieldtrip kali ini)


Untuk kunjungan rutin anak-anak SMPIT Harapan Mulia Palembang setiap tahunnya ke salah satu tempat Fitnes terkemuka di kota Palembang. Memberikan kesempatan bagi siswa siswi untuk mendapatkan pelatihan langsung dari para instruktur dalam bidang olahraga. Anak-anak di ajarkan beberapa tekhnik dalam olahraga fitnes dan di harapkan anak-anak akan lebih meningkatkan kegemaran mereka dalam bidang olahraga ini, guna tetap menjaga kesehatan anak-anak kita.



3. Kunjungan ke SMAN Sumatera Selatan

Pada kunjungan para siswa kita ke SMAN Sumatera Selatan kali ini untuk menerapkan Program Pengembangan Bimbingan dan Konseling/ Bidang Karir SMPIT HARAPAN MULIA Palembang.
Kegiatan kali ini di tujukan kepada anak-anak kita untuk dapat membantu mereka dalam mengembangkan dan melanjutkan arah karir mereka. Yang sama-sama kita ketahui juga bahwa SMAN Sumsel merupakan Sekolah SMA unggulan dan terbaik di palembang. Maka dengan kunjungan kali ini akan sangat membantu anak-anak dalam menggambarkan tujuan dalam melanjutkan pendidikan seusai tingkat SMP ini.


( Foto bersama kunjungan SMPIT Harapan Mulia Palembang ke SMAN Sumsel )












(Kegiatan anak-anak dalam menyaksikan dan mengikuti proses belajar-mengajar di SMAN Sumsel)









(Kunjungan SMPIT Harapan Mulia Palembang dalam rangka  menerapkan Program Pengembangan Bimbingan dan Konseling/ Bidang Karir)


4. Kunjungan ke Sukomoro Palembang.

Untuk kunjungan kali ini anak-anak di beri kesempatan untuk mengunjungi salah satu tempat pembenihan tanaman hutan palembang. Dengan adanya kunjungi kali ini anak-anak banyak mendapatkan wawasan mengenai budidaya dan perbenihan tanaman hutan sumatera. Kegiatan kali ini anak-anak mengunjungi " Balai Perbenihan Tanaman Hutan Palembang " anak-anak di kenalkan secara langsung jenis-jenis benih tanaman hutan yang ada di palembang. Anak-anak juga di latih untuk dapat menjaga dan mencintai lingkungan, dengan cara merawat lingkungan yang ada dan dapat mulai membantu menanam bibit tanaman guna menjaga kelestarian tanaman dan hutan.

(Foto bersama saat pemberian penghargaan atas kunjungan ke Balai Perbenihan Tanaman Hutan Palembang)

(Proses belajar anak-anak dalam mengenali bibit/ benih tanaman hutan palembang)

( Kegiatan anak-anak dalam belajar membudidayakan benih tanaman hutan Palembang )



Jadi dengan kegiatan yang telah ada dan telah rutin di kunjungi anak-anak SMPIT Harapan Mulia, kita mengharapakan anak-anak kita dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan menjadikan bekal untuk mereka. Memberikan bantuan kepada mereka dalam mengembangkan bakat yang ada, membantu mereka dalam menentukan karir yang akan mereka jalani nantinya. Tentunya menjadi remaja yang tumbuh dengan segudang prestasi.

(SSP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar