Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Jumat, 09 Desember 2016

SMPIT HARAPAN MULIA PALEMBANG MENGGELAR PENTAS SENI

 

Kamis, 01 Desember 2016
Siswa SMPIT Harapan Mulia Palembang mengadakan kegiatan Pentas Seni SMPIT Harapan Mulia dalam rangka melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional daerah. Mewujudkan generasi muda yang dapat melestarikan seni dan budaya hasil karya pendahulu. Sehingga seni dan budaya tradisional asli daerah tidak akan mudah lenyap ditelan oleh perkembangan zaman.
Pentas Seni SMPIT Harapan Mulia Palembang digelar dengan tujuan:
  1. Sebagai langkah untuk menerapkan teori pada mata pelajaran  seni dan budaya.
  2. Sebagai penilaian dalam ujian praktik Semester Ganjil tahun ajaran 2016  dalam mata pelajaran seni dan budaya.
  3. Sebagai wahana penampilan berbagai hasil karya seni dan budaya tradisional Sumatera Selatan.

Penampilan Teater “Dul Muluk”
Siswa Kelas 9 SMPIT Harapan Mulia.

Teater Dulmuluk adalah teater tradisional Sumatera Selatan yang lahir di Kota Palembang. Awal mula terbentuknya teater ini adalah berupa pembacaan syair oleh Wan Bakar yang membacakan tentang syair Abdul Muluk di sekitar rumahnya di Tangga Takat 16 Ulu pada tahun 1854. Agar lebih menarik, pembacaan syair kemudian disertai dengan peragaan oleh beberapa orang ditambah iringan musik gambus dan terbangan.
Dulmuluk berawal dari Kitab Kejayaan Kerajaan Melayu yang selesai ditulis pada 2 Juli 1845, yang berjudul Syair Abdul Muluk. Ada dua pendapat oleh penulis kitab ini, yaitu Raja Ali Haji bin Raja Achmad dari Pulau Penyengat oleh Indra Sakti (Riau) – versi DR. Philipus Pieter Voorda Van Eysinga (seorang hakim di Batavia) dan versi Von de wall menyebut Saleha, sepupu raja Ali Haji. Kitab ini kemudian dipentaskan dalam bentuk teatrikal.

 

 
( Penampilan Kelompok 1 kelas IX Abu Bakar )


 

( Penampilan Kelompok 2 kelas IX SAAD)


 

( Penampilan kelompok 3 Kelas IX SAAD)


 

( Penampilan kelompok 4 kelas IX Abu bakar)

Dari keempat penampilan tersebut, masing-masing kelompok mampu menyuguhkan hiburan yang luar biasa. Penampilan apik yang disertai dengan acting total mampu membuat decak kagum audience yang menyaksikan penyelenggaraan Pentas Seni SMPIT Harapan Mulia.
Diharapkan penyelenggaraan Pentas Seni SMPIT Harapan Mulia dapat diselenggarakan setiap tahun dan menjadi wahana pengembangan potensi serta ketrampilan bidang seni siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar