Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Rabu, 20 April 2016

MEMBANGUN KARAKTER SEJAK DINI


Waktu yang tepat untuk menentukan keberhasilan dan kesuksesan seseorang adalah saat masih usia dini.  Pada usia dini 0-6 tahun otak berkembang sangat cepat hingga 80%.  Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik atau buruk.  Itulah masa-masa dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak mulai terbentuk. Karena itu banyak yang menyebut masa tersebut sebagai usia emas (golden age).
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli perkembangan dan perilaku anak dari Amerika bernama Brazelton menyebutkan bahwa pengalaman anak pada bulan dan tahun pertama kehidupannya sangat menentukan apakah anak ini akan mampu menghadapi tantangan dalam kehidupannya dan apakah ia akan menunjukkan semangat tinggi untuk belajar dan berhasil dalam pekerjaannya.  Kita sebagai orang tua hendaknya dapat memanfaatkan masa emas anak untuk memberikan pendidikan karakter yang baik bagi anak, sehingga anak bisa meraih keberhasilan dalam kehidupannya di masa mendatang.  Sebagai orang tua kadang kita tidak sadar sikap kita pada anak justru akan menjatuhkan anak, misalnya dengan memukul, memberikan pressure/tekanan pada anak yang akhirnya menjadikan anak bersikap negatif, rendah diri atau minder, penakut, tidak berani mengambil resiko yang pada akhirnya karakter-karakter negatif tersebut akan dibawanya sampai dewasa.  Ketika dewasa karakter-karakter tadi akan menghambat anak dalam mewujudkan keinginannya, misalnya ingin menjadi public speaker tetapi gagal karena terhambat oleh watak/sikap pemalu yang dimilikinya sejak kecil, atau tidak mampu mengambil peluang tertentu karena ia takut dan tidak berani mengambil resiko dan takut gagal.  Padahal kalau dia bersikap positif maka resiko dapat diubahnya menjadi tantangan untuk meraih sukses.
Ada yang mengatakan keberhasilan ditentukan oleh seberapa cerdas otak kita. Semakin cerdas maka akan semakin berhasil anak tersebut kelak di kemudian hari.  Benarkah? Fakta membuktikan banyak orang sukses justru tidak mendapatkan prestasi gemilang di sekolahnya, mereka tidak mendapatkan juara kelas atau posisi teratas di sekolahnya. Mengapa demikian? Karena sebenarnya kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan otak saja. Namun kesuksesan ternyata lebih dominan ditentukan oleh kecakapan membangun hubungan emosional kita dengan diri kita sendiri, orang lain dan lingkungan.  Selain itu kesuksesan juga ditentukan oleh hubungan spiritual kita dengan Allah SWT.
Para Juara SMPIT Harapan Mulia, Lingkungan Sekolah yang Positif
Kecakapan membangun hubungan dengan 3 pilar (diri sendiri, sosial dan Tuhan) tersebut merupakan karakter yang dimiliki oleh orang-orang sukses.  Dan karakter tidak sepenuhnya bawaan sejak lahir.  Karakter semacam ini bisa dibentuk dan pada saat usia dini inilah saat yang paling tepat untuk membentuk  karakter-karakter tersebut (fisik, mental dan spiritual).  Pada saat usia dini inilah karakter anak akan terbentuk dari hasil belajar dan bersosialisasi serta menyerap perilaku orang dewasa dan lingkungan sekitarnya.  Pada usia ini perkembangan mental berlangsung sangat cepat.  Pada usia ini pula anak menjadi sangat sensitif dan peka mempelajari dan berlatih sesuatu yang dilihatnya, dirasakannya dan didengarnya dari lingkungan.  Oleh karena itu lingkungan yang positif akan membentuk karakter yang positif dan sukses.
Karakter akan terbentuk sebagai hasil pemahaman 3 hubungan yang pasti dialami setiap manusia (triangle relationship) yaitu hubungan dengan diri sendiri (interpersonal), dengan lingkungan (hubungan sosial dan alam sekitar) dan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa (spiritual).  Setiap hasil hubungan tersebut akan memberikan pemaknaan/ pemahaman yang pada akhirnya menjadi nilai dan keyakinan anak. Cara anak memahami bentuk hubungan tersebut akan menentukan cara anak memperlakukan dunianya.  Pemahaman negatif akan berimbas pada perlakuan yang negatif dan pemahaman yang positif akan berimbas pada perlakuan yang positif.  Untuk itu tumbuhkan pemahaman positif padadiri anak sejak usia dini, salah satunya dengan cara memberikan kepercayaan pada anak untuk untuk mengambil keputusan bagi dirinya sendiri, membantu anak mengarahkan potensinya dengan begitu mereka lebih mampu untuk bereksplorasi dengan dirinya, tidak menekannya baik secara langsung atau secara halus, dan sebagainya. 
Biasanya anak bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkunganya. Ingat pilihan terhadap lingkungan sangat menentukan pembentukan karakter anak.  Seperti kata pepatah bergaul dengan penjual minyak wangi akian ikut wangi bergaul dengan penjual ikan akan ikut amis.  Seperti itulah, lingkungan baik akan menumbuhkan karakter baik dan sehat, begitu pula sebaliknya.  Dan yang tidak bisa diabaikan adalah membangun hubungan spiritual dengan Allah SWT. Hubungan spiritual dengan Allah SWT terbangun melalui pelaksanaan dan penghayatan ibadah ritual yang terimplementasikan pada kehidupan sosial.  Dari hasil pendidikan di sekolah dan rumah, orang tua dan guru mengharapkan anaknya menjadi pemikir yang kritis , seorang penyelesai masalah, seorang innovator, dapat berkomunikasi secara efektif, dapat berkolaborasi secara efektif, dapat mengarahkan diri sendiri, paham akan informasi dan media, paham dan sadar akan masalah global, memikirkan kepentingan umum, terampil dalam keuangan, ekonomi dan kewirausahaan.  Kesemuanya ini membutuhkan keseriusan dalam pengasuhan anak.
Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang selalu melaksanakan ibadah ritual sholat dhuha dan sholat dhuhur di sekolah sebagai upaya pembentukan karakter positif. Kerjasama sekolah dengan orang tua wali murid menjadi sangat penting untuk mendorong karakter positif khususnya di dalam upaya memberikan lingkungan bermain dan belajar yang positif dan kondusif. Dan yang lebih penting lagi adalah keteladanan orang dewasa di lingkungan sekitar anak.

 
Pembiasaan wudhu sedari dini di SDIT Harapan Mulia



Kegiatan Tahfizh SMPIT Harapan Mulia Palembang

PLAY GROUP, TK, SD dan SMPIT HARAPAN MULIA PALEMBANG
Keputusan Tepat Bagi Orang Tua Bijak
Let's Join Us :
Jl. Dr. Wahidin No 3-4 Talang Semut, Palembang
Telp. 0711 311388 (Play Group dan TK)
Telp. 0711 358239 (SD)
Telp. 711 318688 (SMP)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar