Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Kamis, 21 April 2016

KELEBIHAN BAHASA ARAB DIBANDING BAHASA LAIN DI DUNIA



Oleh: Yuri Dullah, S.Pd.I
(Koodinator B.T.A & Tahfidz Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia)




Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. 
Pada postingan kali ini, saya akan coba mengangkat tema 5 kelebihan bahasa Arab di banding bahasa lain. Postingan ini saya tulis untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak kita untuk belajar dan menyukai bahasa Arab. Nah, mengapa kita perlu mengangkat tema ini, selain untuk motivasi belajar anak anak kita, setidaknya berikut 5 kelebihan bahasa Arab di banding bahasa lain, ini saya kutip dari sumber buku sintaksis Bahasa Dr. Thoyib I.M. 5 Kelebihan itu adalah :

1. Bahasa Arab termasuk Bahasa Semit
Bahasa di kawasan Jazirah Arab dikategorikan sebagai rumpun bahasa Semit (Semit Linguistic Families). Di kawasan ini ada beberapa bahasa yang pernah eksis seperti bahasa Akkadia atau babilonia, Asiria, Aramaik, Syiria, Madain, Nabaten, Samaritan, Yahudi, Palmira, Polinesia, Yahudi Injil, Sabak atau Himyar, dan Arab. Namun, sampai saat ini yang tetap eksis hanyalah bahasa Arab baik yaang di pakai lisan atau pun tulisan

2. Bahasa Resmi 24 Negara
Kelebihan bahasa Arab di bandingkan bahasa lainnya juga tercermin dari dijadikannya bahasa Arab sebagai bahasa Ibu bagi 24 negara yang tergabung dalam liga Arab di Asia Barat  dan Afrika Utara bahkan hingga berpengaruh luas ke bahasa Persi, Turki, Urdu, Melayu, Husa dan Sawahili. Juga bahasa arab termsuk dalam 6 bahasa resmi dari Persatuan Bangsa Bangsa (PBB). Selain itu, bahasa Arab termasuk bahasa satu miliyar umat Islam. Kenapa? Karena bahasa Arab di jadikan sebagai mata pelajaran padaribuan sekolah di luar dunia  Arab termasuk Indonesia. Saat ini, mayoritas sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar (SD/MI) hingga tingkat atas (SMA/MAN) sudah memiliki pelajaran bahasa Arab di sekolahnya. Hal ini menunjukkan jika bahasa Arab itu PENTING.

Prakarya Kaligrafi Arab dari kaca oleh siswa-siswi SMPIT Harapan Mulia
3. Bahasa Al-Qur’an
Tak dipungkiri lagi jika bahasa Arab di anggap sebagai bahasa suci karena menjadi bagian bahasa Integral dari al-Qur’an. Hal ini sudah jelas di dalam al-Qur’an Q.S. Al-Zukhruf : 3 yang menjelaskan tentang al-Qur’an di turunkan dengan bahasa Arab dan pada Q.S. al-Ahqaf  : 12 yang menjelaskan tentang cita rasa bahasa Arab.


 4. Bahasa Suci

Jika dibandingan bahasa lain, bahasa Arab dinobatkan sebagai bahasa ibadah karena bahasa Arab digunakan dalam praktek ibadah seperti sholat. Sholat tidak sah jika menggunakan selain bahasa Arab yang telah diajarkan sesuai syara' dan fiqih ibadah. Seorang muslim setidaknya harus menghafal Surat Al-Fatihah yang berbahasa Arab yang menjadi salah satu syarat sah shalat.

5. Bahasa Berusia Tua
Bahasa Arab termasuk bahasa “tua” . Harusnya jika melihat usia bahasa yang setara dengan bahasa Arab, maka bahasa Arab sudah “mati”. Namun, karena bahasa ini banyak di pakai oleh orang-orang timur tengah sebagai bahasa sehari-hari dan bahasa perdagangan. Selain itu juga bahasa ini bertahan karena adanya al-Qur’an yang diturunkan Allah melalui Rosul-Rosulnya yang di ungkapkan dalam bahasa Arab dan di tulis dengan bahasa Arab pula

Manasik Haji SDIT Harapan Mulia
Jadi, sudah semakin jelas kan kenapa kita harus menyukai bahasa arab dan harus mempelajarinya? Bagi yang sudah mempelajarinya maka silahkan terus dikembangkan dan jangan lupa di praktekkan. Bagi  yang belum sempat mempelajarinya, maka sampai kapan membiarkan anak-anak kita lupa dan terlena terhadap  bahasa asing lain? Jadi gemari dan pelajari lah Bahasa Arab.






 Akhirnya, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 



Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

PLAY GROUP, TK, SD dan SMPIT HARAPAN MULIA PALEMBANG
Keputusan Tepat Bagi Orang Tua Bijak
Let's Join Us :
Jl. Dr. Wahidin No 3-4 Talang Semut, Palembang
Telp. 0711 311388 (Play Group dan TK)
Telp. 0711 358239 (SD)
Telp. 0711 318688 (SMP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar