Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Rabu, 04 Oktober 2017

Semarak (pesta demokrasi) Pemilihan calon Ketua dan Wakil ketua OSIS SMPIT Harapan Mulia Palembang periode 2017/2018


Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS, merupakan sebuah organisasi siswa yang memiliki tanggung jawab besar bagi sekolah. Oleh karena itu, seorang ketua OSIS haruslah benar-benar kompeten untuk mengatur organisasi ini untuk dapat mewujudkan visi-misi sekolah. Pemilihan OSIS menjadi istilah yang akan didengar setiap tahunnya. Begitu pula di SMP IT Harapan Mulia Palembang. Setelah satu periode masa bakti, SMPIT Harapan Mulia Palembang selalu mengadakan pemilihan ketua OSIS baru untuk menjabat pada masa bakti selanjutnya.

Pada pemilihan ketua OSIS yang akan menjabat pada masa bakti 2017/2018 kali ini, OSIS SMPIT Harapan Mulia Palembang telah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan-kegiatan yang diawali dengan penyebaran informasi kandidat calon ketua yang bertepatan pada tanggal 6 September 2017, ujian test tertulis yang diikuti semua calon pasangan pada tanggal 11 September 2017, kemudia pada tahap ke dua yaitu tahap seleksi uji kopetensi, penampilan orasi dan penampilan bakat yang di laksanakan pada 22 September 2017, serta yang terakhir penampilan debat dan pencoblosan pemilihan calon pasangan ketua dan wakil ketua osis yang bertepatan pada 28 September 2017.
Untuk tahap pertama yakni tes tertulis dan wawancara para peserta di wajibkan menjawab pertanyaan seputar karakter kepemimpinan serta visi-misi pasangan dalam mencalonkan menjadi ketua dan wakil ketua Osis. Untuk sesi wawancara sendiri para peserta kandidat di hadapkan langsung dengan kepala sekolah dan para guru yang berwenang seperti (wakil kurikulum sekolah, guru BK dan pembina Osis).
 
 
Tahap selanjutnya ialah, para kandidat di persilakan untuk melakukan orasi di depan seluruh penghuni keluarga besar Harapan Mulia. Baik dari para siswa, dewan guru, dan staff karyawan sekolah yang nantinya akan menyumbangkan suara saat pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS SMPIT Harapan Mulia Palembang. Selain para kandidat menyampaikan orasi sesuai  visi-misi masing-masing para kandidat pula di haruskan menjawab beberapa pertanyaan yang di berikan langsung oleh para dewan guru. Terakhir para ke 10 kandidat pasangan calon menampilkan bakat-bakat yang mereka miliki mulai dari pembacaan puisi, bermain alat musik (keybord, drum), pembacaan ayat suci al-quran, Menari, pidato dan story telling. 
berikut beberapa hasil dokumentasi dari penampilan orasi dan bakat para kandidat calon ketua dan wakil ketua osis SMPIT Harapan Mulia Palembang,
 
 
 

Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan secara langsung, bebas, dan rahasia dengan cara mencoblos gambar calon yang dipilih, yang puncaknya akan dilaksanakan hari Kamis, 28 September 2017 secara serempak di satu tempat, yaitu di halaman depan sekolah yang telah didesain sedemikian rupa layaknya tempat pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
Sebelum pemilihan ketua OSIS dimulai, dengan dibimbing Pembina OSIS, masing-masing kandidat melaksanakan debat sebelum pelaksanaan pencoblosan, dengan demikian para pemilih akan mempunyai pertimbangan tertentu untuk memilih calon yang pantas memimpin OSIS SMP IT Harapan Mulia Palembang selama satu tahun kedepan.
Pelaksanaan pencoblosan yang dilakukan warga SMPIT Harapan Mulia Palembang alhamdulillah berjalan dengan lancar, Ketua panitia sebelumnya memberikan instruksi atau tata cara "mencoblos" agar hak suara dapat di terima dengan sah. Kemudian di lanjutkan dengan memberikan hak suara yang diketuai oleh kepala, wakil kepala SMPIT Harapan Mulia Palembang dan Wakil kesiswaan. Selanjutnya di lanjutkan oleh dewan guru dan staff karyawan dan anak didik kita dari kelas 7 sampai kelas 9 tanpa terkecuali.
             
             
             
Tentunya pada pesta demokrasi tujuannya yakni memberikan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilihan suara yang biasanya dilakukan saat pemilu. Dari siswa, oleh siswa, untuk siswa. Prinsip demokrasi ini adalah prinsip dalam pemilihan ketua OSIS masa bakti 2017/2018. 
Setelah acara pencoblosan berlangsung setelah semua siswa, dewan guru dan staff karyawan SMPIT Harapan Mulia Palembang menyumbangkan hasil suara pemilihan. Tiba lah di penghujung acara untuk mengetahui hasil dari suara pemilihan pasangan calon. dari hasil penghitungan suara maka di ketahui pula ketua dan wakil ketua osis SMPIT Harapan Mulia Palembag terpilih, yaitu ananda Ghazi Abbiyu Dary Adhipramana dan M. Maulana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar