Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Rabu, 18 Oktober 2017

SMPIT Harapan Mulia Palembang mengikuti lomba Mural LHE

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.
Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar. Walaupun “Mural” belum terlalu populer dibandingkan tantangan lomba yang lain, diharapkan melalui Lomba Mural ini, para siswa yang memiliki hoby ‘melukis’ dapat mengekspresikan kemampuannya melalui “Dinding Sekolah”.
Seperti yang sama-sama kini SMPIT Harapan Mulia Palembang sedang berusaha mengoptimalkan dalam menciptakan kawasan sekolah hemat energi, SMP kita turut aktif dalam mengikuti segala jenis lomba yang di adakan termasuk salah satu jenis lomba yang background nya dari bidang seni ini (MURAL).
Karya “Mural Hemat Energi” oleh siswa pada dinding sekolah diharapkan menjadi pesan dan ajakan seluruh ‘warga’ sekolah untuk selalu berperilaku Hemat Energi. Karena itu selain unsur artistik karya ‘Mural’ ini, juga harus membawa pesan yang mampu mengingatkan setiap warga sekolah yang melintas di depan karya Mural dinding sekolah tersebut.
Pada lomba mural kali ini SMPIT Harapan Mulia Palembang mempercayakan kepada 10 siswa-siswi kita yang di amanahkan untuk berkesempatan mewakili sekolah dalam membuat karya mural yang di kompetisikan. dengan tema "Save Energy For The Future Life”
Mural tim LHE SMPIT Harapan Mulia menceritakan tentang sifat serakah manusia yang menggunakan energi paling besar di dunia. Sifat serakah ini kami diibaratkan dengan gambar manusia bertopeng dan menggunakan masker penyedot energi di sebelah kanan.
.
Keserakahan manusia pada akhirnya akan mempengaruhi keberlangsungan hidup semua makhluk hidup di air, udara, tanah yang kita gambarkan dengan burung merak, ikan paus, rusa demi terpenuhinya kebutuhan energi.
.
Melalui mural ini kami mengajak semua orang untuk membiasakan perilaku hemat energi yaitu dengan:
1).Mencabut kabel dari stop kontak jika tidak diperlukan,
2).Mematikan lampu jika siang hari, dan
3).Menerapkan program potong 10% untuk efisiensi energi.
.
“Tim Mural SMPIT HARAPAN MULIA”
1. Daffa Fawwaz
2. M. Maulana
3. Amirah Nayla Herwisya
4. Aisyah Rizki Amelia
5. Ghazy Abiyyu
6. Khansa Khorini
7. Hamzah Eltarik
8. Amirah Nur Harini
9. Sandrina Rahmadina
10.Sybil Khoirunnisa
                                  

                                  

Tepat, pada tanggal 17 Oktober 2017 Tim juri mulai melakukan kunjungan dan penilaian terhadap hasil karya Mural dari tiap sekolah-sekolah. Salah satunya SMPIT Harapan Mulia Palembang pun turut ambil bagian untuk menjadi salah satu sekolah yang akan di kunjungi oleh dewan juri. Tak tanggung-tanngung tim juri pun di datangkan langsung dari tim pusat jakarta serta di dampingi oleh diknas pendidikan dalam memberikan penilaian kepada kompetisi kali ini. Alhamdulillah dengan bangganya 10 siswa-siswi kita mampu melewati dengan lancar serta baik pada tahap penjurian dengan cara mempersentasikan karya yang di buat dan ide gagasan maupun intisari makna dari karya mural yang di hasilkan. Selebihnya kita tinggal berdoa menunggu hasil yang terbaik dari usaha kerja keras yang sudah di dedikasikan para siswa dan sekolah.

                         
                         
                         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar