Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Rabu, 04 Oktober 2017

SMPIT Harapan Mulia Ciptakan (MPLS) yang Edukatif dan Menyenangkan



Masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS yang di selenggarakan SMPIT Harapan mulia resmi di buka 17 Juli 2017 kemarin. Selama MPLS berlangsung, siswa baru harus diperkenalkan kultur sekolah serta jenis karakter seperti apa yang ingin dikembangkan di sekolah tersebut. Penjelasan tentang visi dan misi sekolah penjabarannya dalam bentuk kurikulum menjadi sarana untuk menyampaikan kultur macam apa yang hendak dibangun kepada para siswa baru. Kegiatan-kegiatan, seperti olah kreativitas, baris berbaris, olah raga, dan sebagainya, dapat melatih siswa baru mengembangkan karakternya menjadi ciri khas sekolah.
Harus diingat bahwa MPLS ini merupakan wahana pengenalan kultur dan karakter sekolah kepada para siswa baru. Maka dengan demikian kegiatan yang diberikan kepada peserta MPLS hendaknya yang berkaitan dengan pengenalan budaya dan lingkungan sekolah atau yang mendidik dan menambah wawasan peserta. SMPIT Harapan Mulia telah menjamin tidak akan ada kekerasan atau tindakan-tindakan yang berefek pada fisik dan mental siswa baru. Terlebih lagi pihak terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan wajib memantau pelaksanaan MPLS/ MOS untuk memastikan bahwa MPLS/ MOS dilaksanakan di sekolah sesuai tujuan, fungsi dan manfaatnya.
MPLS hari kedua dilaksanakan pada Selasa 18 Juli 2017, setelah seluruh siswa diarahkan menuju aula lantai dasar pembukaan MPLS hari kedua pun di awali dengan pembacaan dan tadarus al-qur’an, anak peserta MPLS pun selanjutnya mengikuti Seminar parenting yang bertemakan “Melejitkan potensi diri dengan mengubah tulisan dan tanda tangan”.



Membaca kepribadian seseorang dari tulisan tangan dikenal dengan nama Grafologi. Grafologi sendiri memang adalah seni membaca tulisan tangan namun tidak hanya untuk menilai kepribadian, melainkan banyak hal lainnya terkait karakter, kepribadian, kemampuan, dan masih banyak hal lainnya. begitu pula dengan Karakter seseorang yang dapat dilihat salah satunya dari tanda tangannya. Tanda tangan merupakan sebuah produk yang unik. Pada satu sisi, sebuah tanda tangan merupakan identitas tertulis dari keberadaan seseorang. Di sisi lain tanda tangan merupakan perpaduan hasil pembelajaran (dapat disebut potensi kecerdasan juga), pola afeksi (emosi), dan kecenderungan respon. Dari hal-hal tersebut itulah seseorang dapat dikenali karakternya melalui pembacaan tanda tangan. 

Seusai dari seminar anak-anak pun diarahkan menuju lapangan samping sekolah untuk mengikuti game tim work. Beberapa kelompok di bentuk untuk game kali ini dan ada beberapa jenis game yang akan di mainkan. Berikut dokumentasi dari game tim work di hari ke-dua MPLS SMPIT Harapan Mulia Palembang TA 2017/2018,

 

Di hari selanjutnya yakni hari ketiga dan ke empat siswa memulai simulai smart classroom satu arah, dimana pada proses simulasi kali ini siswa di kenalkan apa itu smart classroom bagaimana proses pembelajaran menggunakan media Ipad. Dan di hari terakhir merupakan penutupan dari MPLS SMPIT Harapan Mulia Palembang TA 2017/2018. Di hari terakhir penutupan MPLS ini di awali dengan lomba yel-yel antar kelas dan di turut di sambung dengan kegiatan outbound bersama.
 
 


Alhamdulillah Setelah penutupan dan penyelenggaraan MPLS ini inshyallah anak-anak akan lebih banyak belajar mengenai hal : Persahabatan, Ketekunan,Kedisplinan, Keaktifan, Keagamaan dan tentunya individu berkarakter yang baik. Amin Allahumah amin. 
Selamat datang dan selamat bergabung ananda tahun ajaran 2017/2018.
#MPLS #MPLS2017-2018 #sekolahislamterpadu #Harapanmuliapalembang #SMPITHarapanMuliaPalembang #SMPunggulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar