Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang

Kamis, 01 Juni 2017

PENERAPAN APRESIASI PADA MATA PELAJARAN SBK DI SMPIT HARAPAN MULIA PALEMBANG.



Rabu, 24 Mei 2017
Materi pembelajaran apresiasi tari merupakan materi yang memberikan bekal pada siswa bagaimana mengapresiasi pada suatu hasil karya seni. Dengan harapan mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran seni tari.
Mata pelajaran Seni dan Budaya di Sekolah  bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut
1) Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2) Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3) Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
4) Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global
Pembelajaran seni tari di SMP adalah membentuk sikap kreatif, sensitif dan menumbuhkan sikap apresiatif anak melalui pengalaman berekpresi dan mengkomunikasikan unsur gerak, ruang waktu dan tenaga dengan mengamati dan berkarya secara langsung sesuai dengan tingkat perkembangan pikiran dan rasa anak.
 Isi pembelajarannya pun meliputi
(a) gerak dan ekspresi,
(b) mengekplorasi unsur-unsur gerak tari,
(c) membuat ragam gerak,
(d) komposisi gerak,
(e) membuat gerak dasar dengan iringan lagu.
Dengan demikian SMPIT Harapan Mulia untuk setiap tahunnya selalu menerapkan ujian praktek khusus nya pada mata pelajaran SBK (Seni Budaya dan Keterampilan). Untuk ujian semester akhir tahun 2016/2017 ini Miss Santri sang guru SBK di SMPIT Harapan Mulia Palembang telah menetapkan untuk memberikan tugas ujian praktek kepada siswa kelas VII dan VIII. Dimana untuk siswa kelas VII di berikan tugas untuk menampilkan tarian tradisional dan pantomim, sedangkan untuk siswa kelas VIII di berikan tugas untuk menampilkan musikalisasi puisi.
Terlihat pada gambar di bawah ini penampilan spektakuler yang dibawakan oleh siswa-siswi SMPIT Harapan Mulia Palembang,
Penampilan Tari Kreasi / Tari Tradisional Siswi kelas VII

Penampilan Pantomim siswa kelas VII
Penampilan Musikalisasi Puisi yang di bawakan siswa-siswi kelas VIII

Dengan adanya ujian praktek  ini merupakan langkah penerapan teori pada pelajaran seni budaya dan keterampilan. Pada ujian tari kali ini anak-anak mempelajari banyak akan kebudayaan tradisional indonesia khususnya kebudayaan melayu, sedangkan dengan pantomim para siswa bisa berekspresi melalui gerak tubuh dan mimik wajah dalam menyampaikan pendapat maupun mempragakan aktifikas. Kedua taian ini dapat membantu para siswa-siswi dalam mengembangkan kreatifitas yang mereka miliki. Sama hal nya pada musikalisasi pusisi yang di persembahkan oleh anak-anak kelas VIII dalam musikalisasi dapat membantu membangun suasana dan imajinasi dalam mengapreasiasi puisi, dengan diiringi irama musik yang dimainkan akan menjadikan pembaca puisi lebih ekspresif dan menarik.
Dengan demikian, dengan terlaksananya ujian praktek kali ini anak-anak kita nantinya dapat lebih berekspresif lagi dalam berkarya dan selalu mengembangkan kreatifitas yang di milikinya, sebagai pihak guru dan sekolah kita selalu mendukung serta mendokaan apapun yang terbaik yang dapat di kembangkan sang anak didik yang teramat membanggakan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar