TK Islam Harapan Mulia di Palembang |
Berbeda dengan otak orang dewasa, otak anak dibawah lima tahun lebih plastis. Plastisitas otak pada balita mempunyai sisi positif dan negatif. Sisi positifnya otak balita lebih terbuka untuk proses pembelajaran dan pengkayaan, sisi negatifnya otak balita lebih peka terhadap lingkungan, utamanya lingkungan yang tidak mendukung seperti asupan gizi yang tidak adekwat, kurang stimulasi dan tidak mendapat pelayanan kesehatan yang memadai. Oleh karena masa lima tahun pertama kehidupan merupakan masa yang sangat peka dan tidak dapat diulang lagi, maka masa balita disebut sebagai “masa keemasan” (golden period), “jendela kesempatan” (window of opportunity), “masa kritis” (critical period).
Jumlah
balita di Indonesia sangat besar yaitu 10 persen dari seluruh populasi. Untuk
itu perlunya pembinaan tumbuh kembang anak secara komperhensif dan berkualitas
yang dilakukan melalui ‘stimulasi, deteksi dan intervensi dini”. Stimulasi merupakan rangsangan yang diberikan orang tua kepada anaknya dalam
rangka meningkatkan kemapuan anak untuk memasuki tahapan selanjutnya.
Tahapan
perkembangan anak yang harus dicapai saat usia 2 – 4 tahun :
1.
Anak sudah mampu
jalan naik tangga sendiri
2.
Anak dapat bermain
dan menendang bola bola kecil
3.
Mencoret-coret pensil
pada kertas
4.
Bicara dengan baik,
menggunakan 2 kata
5.
Dapat menunjuk 1 atau
lebih bagian tubuhnya ketika diminta
6.
Melihat gambar dan
dapat menyebut dengan benar nama 2 benda atau lebih
7.
Membantu memungut
mainan nya sendiri atau membantu mengangkat piring jika diminta
8.
Makan nasi sendiri
tanpa banyak tumpah
9.
Melepas pakaian
sendiri
10.
Mendengarkan cerita
11.
Mengenakan sepatu
sendiri
12.
Mengenal 2-4 warna
Tahapan
perkembangan yang harus dicapai saat anak usia 4-5 tahun :
1.
Berdiri 1 kaki 6detik
2.
Melompat-lompat 1
kaki
3.
Menari
4.
Mengambar tanda
silang, lingkaran, orang dengan 3 bagisan tubuh
5.
Mengancing baju atau
pakaian boneka
6.
Menyebut nama lengkap
tanpa dibantu
7.
Senang menyebut
kata-kata baru
8.
Senang bertanya
tentang sesuatu
9.
Menjawab pertanyan
dengan kata-kata yang benar
10.
Bicaranya mudah
dimengerti
11.
Menyebut angka, menghitung
jari
12.
Berpakaian sendiri
tanpa dibantu
13.
Menggososk gigi tanpa
dibantu
14.
Bereaski tenang dan
tidak rewel ketika ditinggal ibu
Tahapan
perkembangan yang harus dicapai saat anak usia 5-6 tahun :
1.
Berjalan lurus
2.
Berdiri dengan satu
kaki selama 11 detik
3.
Menggambar dengan 6
bagian, menggambar orang lengkap
4.
Menggambar segi 4
5.
Mengerti arti lawan
kata
6.
Mengerti pembicaraan
yang menggunakan 7kata atau lebih
7.
Menjawab pertanyaan
tentang benda terbuat dari apa dan kegunaan nya
8.
Mengenal angka, bisa
menghitung 5-10
9.
Mengenal warna-warni
10.
Mengungkapkan simpati
11.
Mengikuti aturan
bermain
12.
Berpakaian sendiri
tanpa dibantu
TK Islam Harapan Mulia di Palembang |
Beberapa gangguan Tumbuh-Kembang yang sering ditemukan pada usia dini:
1.
Gangguan
bicara dan bahasa
Kemampuan
berbahasa merupakan indikator seluruh perkembangan anak. Karena kemampuan
berbahasa sensitif terhadap keterlambatan atau kerusakan pada sistem lainnya,
sebab melibatkan kemampuan kognitif, motor, psikologis, emosi dan gangguan
lingkungan sekitar anak.
2.
Cerebral
palsy
Merupakan suatu kelainan gerakan dan postur
tubuh yang tidak progresif, yang disebabkan oleh karena suatu
kerusakan/gangguanpada sel-sel motorik pada susunan saraf pusat yang sedang
tumbuh/belum selesai pertumbuhannya
3.
Sindrom down
Anak dengan sindrom down adalah individu yang
dapat dikenal dari fenotipnya dan mempunyai kecerdasan yang terbatas, yang
terjadi akibat adanya jumlah kromosom 21 yang berlebih
4.
Perawakan
pendek
Merupakan suatu terminologi mengenai tinggi
badan yang berada dibawah persentil 3 atau -2 SD pada kurva pertumbuhan yang berlaku
pada populasi tersebut
5.
Gangguan
autisme
Merupakan gangguan perkembangan pervasif pada
anak yang gejalanya muncul sebelum anak berumur 3 tahun. Pervasif meliputi
seluruh aspek perkembangan sehingga gangguan tersebut sangat luas dan berat,
yang mempengaruhi anak secara mendalam.
6.
Retardasi
mental
Suatu kondisi yang ditandai dengan
intelegensia yang rendah (IQ < 70) yang menyebabkan ketidak mampuan individu
untuk belajar dan beradabtasi terhadap tuntutan masyarakat atas kemampuan yang
dianggap normal.
7.
Gangguan
pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH)
Merupakan gangguan anak mengalami kesulitan
untuk memusatkan perhatian yang sering kali disertai dengan hiperaktivitas.
Stimulasi (latihan yang harus dilakukan) pada anak umur 2-4 tahun
Kemampuan
gerak kasar
|
Kemampuan
gerak halus
|
a.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan
Dorongan
agar anak mau memanjat, berlari, melompat, melatih keseimbangan badan dan
bermain bola.
|
1.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan
Dorong agar anak mau bermain puzzle, balok-balok,
memasukkan benda yang satu kedalam benda lain, dan menggambar
|
b.
Latihan menghadapi
rintangan
Ajak
anak bermain “ular naga” merangkak di kolong meja, berjinjit mengelilingi
kursi, melompat di atas bantal dll
|
2.
Membuat gambar
tempelan
Bantu anak memotong gambar-gambar dari majalah dengan
gunting untuk anak-anak
|
c.
Melompat jauh
Usahakan
agar anak melompat jauh dengan kedua kakinya bersamaan.
|
3.
Memilih dan
mengelompokan benda-benda menurut jenis nya
Berikan kepada anak bermacam-macam benda, misalnya :
uang logam, berbagai jenis kancing. Minta anak mengelompokkan menurut
jenisnya.
|
d.
Melempar dan
menangkap
Tunjukan
kepada anak cara melempar sebuah bola besar ke arah anda.
|
4.
Mencocokan gambar
dan benda
Tunjukan kepada anak cara mencocokkan gambar bola
dengan sebuah bola yang sesungguhnya.
|
5.
Konsep jumlah
Tunjukkan kepada anak cara mengelompokkan benda dalam
jumlah satu-satu, du, tiga dan sebagainya
|
Kemampuan bicara dan bahasa
|
Kemampuan
bersosialisasi dan kemandirian
|
a.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan
-
Bacakan buku cerita
anak
-
Dorong agar anak
mau bercerita apa yang dilihatnya baik dari buku maupun ketika jalan-jalan
-
Bantu anak dalam
menyari acara tv
|
1.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan
-
Bujuk dan tenangkan
ketika anak kecewa dengan cara memeluk dan berbicara kepadanya
-
Sering-sering ajak
anak pergi keluar mengunjungi tempat bermain, toko, kebun binatang
-
Ajak anak
membersihkan tubuhnya ketika kotor, kemudian mengelapnya dengan bantuan anda
sedikit mungkin
|
b.
Menyebut nama
lengkap anak
|
2.
Melatih buang air
kecil dan buang air besar di kamar mandi/wc
|
c.
Bercerita tentang
diri anak
|
3.
Berdandan
Biarkan anak berdandan menggunakan pakaian dewasa yang
sudah tua, memilih sendiri baju yg akan dipakainya.
|
d.
Menyatakan suatu
keadaan benda
|
Stimulasi ( latihan yang harus diberikan ) pada anak 3-4 tahun
Kemampuan
gerak kasar
|
Kemampuan
gerak halus
|
a.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan :
Dorong
anak berlari, melompat, berdiri di atas satu kaki, memanjat, bermain bola,
mengendarai sepeda roda tiga.
|
1.
Stimulasi yang perlu dilanjutkan :
Bermain puzzle yang lebih sulit, menyusun balok-balok,
menggambar gambar yang lebih sulit
|
b.
Menangkap bola
|
2.
Memotong
|
c.
Berjalan mengikuti
garis lurus
|
3.
Menempel gambar
|
d.
Melompat
|
4.
Menjahit
|
e.
Melempar
benda-benda kecil ke atas
|
5.
Menggambar/menulis
|
f.
Menirukan binatang
berjalan
Tunjukkan
kepada anak cara binatang berjalan, misal anjing berjalan dengan kedua kaki
dan tangan.
|
6.
Menghitung
Letakan sejumlah kacang dalam mangkuk. Ajari anak
menhitung kacang dan letakan kacang tersebut ke tempat lain.
|
Kemampuan
berbicara dan bahasa
|
Kemampuan
bersosialisasi dan kemandirian
|
a.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan
-
Bacakan buku cerita
anak.
-
Nyayikan lagu dan
bacakan sajak-sajak untuk anal
|
1.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan
-
Bujuk dan tenangkan
anak ketika anak kecewa
-
Dorong agar anak
mau mengutarakan perasaannya
|
b.
Berbicara dengan
baik
|
2.
Mengancingkan
kancing tarik
|
c.
Bercerita mengenai
dirinya
Buat
anak mau bercerita mengenai dirinya, hobynya atau mengenai anda
|
3.
Makan pakai sendok
garpu
|
d.
Mengenal huruf
|
4.
Memasak
Biarkan anak anda membantu memasak seperti mengukur dan
menimbang.
|
5.
Mencuci tangan dan
kaki
|
|
6.
Menentukan batasan
Bantu anak anda dalam membuat keputusab dengan cara
anda menentukan batasannya dengan menawarkan pilihan.
|
Stimulasi
( latihan yang harus dilakukan ) pada anak 4-5 tahun
Kemampuan gerak kasar
|
Kemampuan gerak halus
|
a.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan :
Dorong
anak main bola, lari lompat, jalan ke atas papan
|
1.
Stimulasi yang
perlu dilanjutkan
Ajak anak bermain puzzle, menggambar, menghitung, dan
menempel gambar
|
b.
Lomba karung
|
2.
Menggambar
|
c.
Main engklek
|
3. Mencocokkan
dan menghitung
|
d.
Melompati tali
|
4. Menggunting
|
5.
Membandingkan besar
kecil, banyak sedikit, berat dan ringan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar